Featured Post 6

Minggu, 20 November 2011

Surat Dakwaan

KEJAKSAAN NEGERI BANDA ACEH
 “UNTUK KEADILAN

SURAT DAKWAAN
No. Reg: Pid B-007/BNA/2011

A.         IDENTITAS TERDAKWA
1.      NamaLengkap           : Ismail bin Sulaiman
2.      TempatLahir              :Sigli, Pidie
3.      TanggalLahir/umur  :18Juli 1976/ 35 Tahun
4.      JenisKelamin              : Laki-Laki
5.      Kebangsaan               : Indonesia
6.      TempatTinggal          :Jalan T. Ade Utama No. 28 Gampong Doy,Kecamatan                                                     Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.
7.      Pekerjaan                   : Wiraswasta
8.      Agama                        : Islam
9.      Pendidikan                 :SMP

B.         PENAHANAN
1.      Penyidiktanggal         :24 Februari 2011 s/d 14 Maret 2011
2.      Diperpanjang JPU      : 15Maret s/d 12 April 2011
3.      Oleh JPU tanggal        :13 April s/d  23 April 201
4.      PenangguhanpenahananolehKejaksaanNegeri Banda Aceh Tanggal     :23 April 2011karenaterdakwasakit.

C.         DAKWAAN
1.      PRIMER
Bahwaiaterdakwa Ismail bin Sulaimanpadaharikamistanggal 17 Februari 2011 sekitarpukul 11.30 wibatausetidak-tidaknyasuatuwaktudalambulanFebruariatausetidak-tidaknyapadasuatuwaktudalamtahun 2011 bertempat di Jalan T. Ade UtamaDesaDoyKec. UleeKareng Banda Aceh atausetidak-tidaknyapadasuatutempat lain yang masihtermasukdalamwilayahhukumPengadilanNegeri Banda Aceh, telahmelakukandengansengajamerampasnyawa orang lain, yang dilakukanterdakwasebagaiberikut :
§  Siang harinyatanggal 17 Februari 2011 sekitarpukul 10.00 wibterdakwasedangtidur di kamar, kemudiandibangunkanolehkorbanSdriNailunNajwiya yang hendakmembelikue, padasaatituTerdakwatidakmenghiraukanajakankorbanSdriNailunNajwiya, padasaatmembangunkantersebut kuku korbanNailunNajwiyamengenaihidungterdakwasehinggaterdakwaterbangundaritempattidurnyadanlangsungkekamarmandiuntukmencucimuka, danpadawaktuitujugamerasakan rasa pedisdibagianhidungnya, kemudianterdakwalangsungmenghampiridanmenariktangankorbanNailunNajwiya yang asyikmenonton TV, danpadasaatituterdakwalangsungmenjepitleherkorbanNailunNajwiyadengantangankiri (piting), sehinggakorbanNailunNajwiyatergantungselama 5 (lima) menit.
§  Dan padasaatituterdakwamelihattangandan kaki korbanNailunNajwiyameronta-rontadantidakmengeluarkansuarakarenaterjepit, kemudiansetelahkorbanNailunNajwiyatidakbergeraklagi, danuntukmemastikankorbanNailunNajwiyasudahmeninggaldunia, kemudianterdakwamengambillakbandanmenutupmulut, hidungdanmatakorbanNailunNajwiya agar korbanNailunNajwiyatidakbisamelihatdanbernafaslagi, kemudiansetelahituterdakwalangsungmengambiltali plastic danlangsungmengikattangankorbandariarahdepandanmengikatleherkorbanuntukmemastikankorbanmeninggaldunia, kemudianterdakwamengangkatkorbanNailunNajwiya yang telahmeninggalduniatersebutkeataslantaiatasyaitudibawahpelaponkamarmandi, denganmaksud agar tidakdiketahuiolehpihakkeluargaatau orang tuakorban, dikarenakanterdakwamaumelarikandiri. Korbanmeninggalduniakarenagagalpernafasan, sesuaidengan yang tecantumdalamVisum et Repertum No. 06/VII/RSUZA/2011, tertanggal 18 Februari 2011, yang pada pokoknya menerangkan Sebagai berikut:

Pemeriksaan luar:
Ø  Bahwa ditemukan luka memar akibat benda tumpul di bagian leher.

Pemeriksaan dalam:
Ø  Terdapat luka memar di bagian saluran pernapasan.

Kesimpulnan:
Bahwa kematian korban disebabkan oleh luka memar yang terdapat pada leher, yang menyebabkan korban tidak dapat bernafas. Akibatnya, korban dengan segera mengalami kematian somati, yang berlanjut pada proses kematian sekuler.

Setelah melakukan hal tersebut, terdakwa kemudian melarikan diri dan bersembunyi ke kampong baro kota banda aceh hingga kemudian ditangkap oleh anggota kepolisian.PerbuatanPembunuhanini  yang dilakukanolehTerdakwadiaturdandiancampidanadalamPasalPasal 80 Ayat (3) UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang, tentang Perlindungan Anak  Juntho Pasal 65 Ayat (1), (2) KUHP.dan ;

2.      SUBSIDAIR
            Bahwaiaterdakwa Ismail bin Sulaimanpadaharikamistanggal 17 Februari 2011 sekitarpukul 17.00 wibatausetidak-tidaknyasuatuwaktudalambulanFebruariatausetidak-tidaknyapadasuatuwaktudalamtahun 2011 bertempat di Jalan T. Ade UtamaDesaDoyKec. UleeKareng Banda Aceh atausetidak-tidaknyapadasuatutempat lain yang masihtermasukdalamwilayahhukumPengadilanNegeri Banda Aceh, selaintelahmelakukandengansengajamerampasnyawa orang lain, jugamelakukanpenganiayaanberatterhadapkeduasaudarakandungkorban, yang dilakukanterdakwasebagaiberikut :
§  Siang itusekirapukul 14.00 wibterdakwapergimenjemputSdrSyauqiShiddiqi yang pulangdarisekolah SMA Darussalam, dansewaktudirumahkorbanterdakwamerasagelisahdanketakutankarenateringatdengankorban yang telahmeninggal, danpadawaktuituSdr. SyauqiShiddiqibertanyakepadakorbandengan kata-kata “Kenapa Cut Ebkeluarkeringat, kokketakutan” kemudianterdakwamenjawab “Tidakadaapa-apa” kemudianSdr. SyauqiShaddiqijugamenanyakankeberadaanadiknyaSdriAinulNazwiya (korbanpembunuhan) danterdakwamenjawab “Bermainbersamateman-temannya di luar” danpadawaktuituterdakwaberusahamenenangkanfikirannya.
§  Sore itusekirapukul 15.00 wib, ibukorbanSdriNaimahpulangkerumahdanbertanyakepadaSdriPasya (Kakakkorban) dengan kata-kata “dimanaAzwiya” danSdrPasyamenjawab “Kata Cut EbAzwiyasedang main ditempattemannya” danpadawaktuitujugaibukorbanSdriNaimahkeluarrumahuntukmenjemputkorbanAzwiya yang sedangdiluarsekirapukul 16.00 wib, SdrSyauqiShaddiqipergidenganmenggunakansepeda motor menjemputSdrSyauqasQardhawi yang pulangsekolahdari SMA Darussalam.
§  Dan setelahsampaidirumahdanpadawaktuituSdrSyauqasQardhawilangsungkekamarmandidanmelihatKorbanNailunNajwiyaberada di lantaiataskamarmandidenganposisiterbaringdengantangan, leher, mulut, hidungdanmataterikat, kemudianSdr. SyauqasQardhawilangsunglarikedepanrumahdanmenelponibunyaSdriNaimahdanmemberitahukankejadiantersebutdantidak lama kemudianSdriNaimahtibadirumah, danSdriNaimahmengatakankepadaterdakwadengan kata-kata “Tidakadakokdiadiluar, kamucariduludiadisana” kemudianterdakwalangsungpergi, danpadawaktuitujugaSdriNaimahnaikkelantaiataskamarmanditersebutuntukmengambilkorban, dansewaktuterdakwapulangdanmelihatSdriNaimahberadadilantaiataskamarmandisambilmenggendongkorbanNailunNajwiya, danpadawaktuitujugaSdrSyauqasdanSdrSyauqilangsungberteriaksambilmengatakan “Cut Eb yang memukuladik” sambilmengejarkearahterdakwadanpadawaktuitujugaterdakwamengambilkayubalok yang ada di TKP dankayubaloktersebutterdakwaayunkankearahkepalakorbanSdrSyauqassebanyak 1 (satu) kali dankebagiankepalaSdrSyauqisebanyak 2 (dua) kali sehinggaSdrSyauqasdanSyauqiterluka, sesuaidengan yang tecantumdalamVisum et RepertumNomor : 07/VII/RSUZA/2011, yang dibuatdanditandatanganioleh dr. Susanto, dokterpadaRumahSakitUmumZainoelAbidin Banda Aceh.tertanggal 18 februari 2011,yang pada pokok yang pada pokoknya menerangkan sebagai berikut:

Pemeriksaan luar:
-          Bahwa ditemukan memar dan luka ringan akibat benda tumpul sepanjang 3 cm di bagian kepala.
                        Pemeriksaan dalam:
-          Terdapat retakan di bagian atas tulang tengkorang kepala sepanjang 2 cm.

PerbuatanPenganiayaanini  yang dilakukanolehTerdakwadiaturdandiancampidanadalamPasal 80 Ayat (2)Undang-UndangNomor23Tahun 2002 tentangPerlindunganAnak Juntho Pasal 65  Ayat 1 KUHP.

                                                                                                           Banda Aceh, 23 April 2011
                                                                                                               JaksaPenuntutUmum
                                                                                                                               Ttd


                                                                                                                 (Aldar, S.H, M.Hum)
                                                                                                            JaksaMuda NIP.073102029

0 komentar:

Posting Komentar